Berseri
( Bersih Sehat
Rindang dan Asri )
DO
= A
Cipt : Endang SUGILAR
Bersih Sehat Rindang dan Asri
Lingkungan indah bebas dari sampah
Sampah organik dan non organik
Buang masukan tempat tersedia
Budaya hemat energi listrik dan air
Sebagai sumber kehidupan
Membiasakan selalu mencuci tangan
Dan gosok Gigi setiap hari
Reff :
Mari kita slalu berkreasi
Bahan daur ulang inovasi
Ciptakan non organic jadi menarik
Sayangilah alam dan lingkungan
Sejuk segar rimbun pepohonan
Setiap hari selalu BERSERI
SD ISLAM AL AZHAR BUMI SERPONG DAMAI
TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Penanggung
jawab Umum :
1.
2. Dra. Asyuroh
3. Drs. H. Aep Saefudin
4. Mudhofar Firmansyah S.Ag.
Ketua
: Amat Yani S.Pd
Wakil
Ketua : Nanang Cahyadi S.
Pd
Sekretaris : Fitriyanti, S.
Kom.
Bendahara : Meliam
Kordinator
Tiem Pelaksna:
A. Koordinator Portofolio :
1. Komponen 1( Kebijakan
Berwawasan Lingkungan)
1) Dedi Wahyudi
2) Mumin Hafidzin
(Berkoordinasi
dengan Kepala Sekolah)
2. Komponen 2 ( Pelaksanaan
Kurikulum berbasis lingkungan)
1) H. Cahya Sumirat, S.Pd.
2) Esti Wulandari
(Berkoordinasi dengan Wakasik bidang Kurikulum)
3. Komponen 3 ( Kegiatan
Lingkungan Berbasis Partisipatif)
1) Rudin, S. Pd.
2) Annisa Kurniawaty S.Pd
2) Annisa Kurniawaty S.Pd
(Berkoordinasi dengan Wakasek bidang Kesiswaan)
4. Komponen 4 ( Pengelolaan
Sarana Pendukung Ramah Lingkungn)
1) Yuni Stiyawati
2) Warno
( Berkoordinasi dengan Wakasek bidang Keagamaan)
B. Dokumentasi dan Publikasi
1. Kamaludin (
Koordinator)
2. Endang Sugilar
3. Dadi Pindadi
4. Hasan Faozy
C. Mading dan Posterisasi
1. Mu’min Hafidzin
(Koordinator)
2. Syaeful Syarif
3. Muhadi
D. Perlengkapan :
1. Candra Pirngadi
(Koordinator)
2. Mr. Khairudin
E. Penanggung jawab Kebersihan
Lingkungan :
1. Pulung Syahrir (
Koordinator)
2. Wahyudin
F. Penanggung jawab Kebersihan
dan Keindahan Kelas:
1. Kelas 1 : Endang Suryadi
2. Kelas 2 : Sukiyat
3. Kelas 3 : Hayati
4. Kelas 4 : Basuni
5. Kelas 5 : Deli Rita
6. Kelas 6 : Esti Kurniati
G. Penanggung jawab Ruang Guru :
1. Husnul khotimah (
Koordinator)
2. Hasan Faqihudin
3. Ayu Dayulia
4. Dra. Nur Laeli
5. Drs. Hasanudin
6. Widi Kusumanto
H. Penanggung jawab Ruang Rapat
:
1. Aatmah Khotimah
(Koordinator)
2. Triwidjiastuti
3. Hj. Setiyorini
I.
Penanggung jawab Ruang Tata Usaha :
1. Kamaludin
J.
Penanggung Jawab Perpustakaan :
1. Ismet Mahmud
K. Penanggung jawab Kesehatan :
1. Santi Rahmadiana
L. Penanggungnjawab Ruang BP
1. Deby suganda
2. Ai Nuryani
M. Penanggung jawab Kantin Sehat
:
1. Dedi Wahyudi.
2. Sri Hartini
N. Penanggung jawab Gudang dan
Toilet :
1. Dahyo pele
2. Tim BSI
O. Penaggung jawab Dapur :
1. Dewi
2. Ahmad Indah
P. Penanggung jawab Taman dan Green
House serta Hutan Lindung :
1. Riswawati Abu Bakar (
Koordinator Umum)
2. Rita Susanti ( Kelas 1)
3. Maskurniasih (kelas 2)
4. Hj. Rina ( Kelas 3)
5. Sri Hartini ( Kelas 4 )
6. Tri Widyastuti (Kelas 5 )
7. Ihrom (kelas 6)
Q. Penanggung jawab Daur Ulang
Sampah ( 3R):
1. Darmiasih
2. Dewi Sundari
3. Fachrudin
4. Sukiyat
R. Humas :
1. Drs. H. Abi Hurairah
2. Aep Saepudin
OUTLINE
Rencana Kegiatan
Pengembangan Sekolah Adiwiyata
A. Latar belakang
Motivasi dan harapan Sekolah Dasar Islam Al-Azhar BSD
dalam mengikuti Program Adiwiyata merupakan suatu mimpi tentang idealisme
sekolah dalam mengemban Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
Sekolah mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah
dalam hal ini Departemen Lingkungan Hidup, Departemen Pendidikan Nasional,
Departemen Agama, dan Departemen Dalam Negeri dalam upaya meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelestarian fungsi lingkungan
hidup.
Tujuan SD Islam Al-Azhar BSD adalah mendorong dan
membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu
berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pebangunan
berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.
Harapan dari sekolah adalah melalui program
pengembangan sekolah Adiwiyata semua warga sekolah dapat memahami dan
mengamalkan terhadap kepedulian lingkungan.
B. Potensi dan Kendala
Potensi sekolah
yang dapat kami gali adalah :
1. Potensi warga sekolah yang begitu besar adalah keberadaan
siswa, guru, karyawan, dan masyarakat sekitar.
2. Luas tanah beserta bangunan gedungnya, merupakan potensi yang
sangat baik untuk mengembangkan materi pendidikan linkungan hidup.
3. Struktur KTSP dan K13 yang terdapat muatan lingkungan hidup
sebagai muatan yang terintegrasi kedalam setiap pelajaran merupakan potensi
untuk mengembangkan budaya pentingnya peduli terhadap lingkungan.
Kendala sekolah yang dapat ditemukan adalah :
1. Upaya-upaya untuk menciptakan
budaya yang peduli terhadap lingkungan sekolah, mengajak warga sekolah untuk
selalu mengetrapkan, peduli, dan melaksanakan budaya peningkatan terhadap
lingkunagn kepada peserta didik.
2. Pengadaan beberapa sarana dan prasarana yang belum mencukupi.
3. SDM yang belum mencukupi sesuai dengan bidang yang diampunya.
Pengembangan
Budaya dan Lingkungan Sekolah
Pengembangan budaya sekolah
yang telah berjalan baik adalah budaya tata krama siswa. Sedangkan pengembangan
budaya yang lain seperti tertib aturan, cinta kebersihan, cinta tanaman, dll masih
perlu ditingkatkan. Budaya demokratis dalam pengambilan keputusan sekolah
kecenderungannya ke depan semakin baik, hal ini berkaitan dengan kepemimpinan
kepala sekolah. Kesadaran warga sekolah tentang pentingnya kontroling
menunjukkan kecenderungan terus membaik. Yang cukup memprihatinkan adalah budaya
partisipasi wali murid yang telah terbangun baik dan memiliki potensi yang
bagus, dengan kebijakan sekolah gratis sangat menurunkan tingkat partisipasi
wali murid.
Pengembangan
Budaya dan Lingkungan Sekolah
a.
Penciptaan lingkungan sehat, asri,
indah, rindang, sejuk dengan dan taman sekolah.
b.
Penciptaan budaya bersih dan cinta
lingkungan.
c.
Pengembangan kegiatan yang
menumbuhkan sikap peduli terhadap kelestarian lingkungan.
d.
Pengembangan kerjasama dengan
lembaga lingkungan.
TABEL RENCANA KEGIATAN
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah
Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1.
Mengembangkan
Visi dan Misi
|
1. Revisi visi dan misi sekolah Adiwiyata
|
Kepsek, Guru,
dan Komite
|
Visi dan Misi
tercantum dalam KTSP
|
X
|
|||
a. Sosialisasi
|
2. Sosialisasi visi dan misi sekolah Adiwiyata
|
Seluruh warga
sekolah
|
Tersosialisasi
visi dan misi sekolah Adiwiyata
|
X
|
|||
b. Menyusun RKS/RAPBS
|
3. Menyusun anggaran RKS/RAPBS
|
Kepsek, Guru,
dan Komite
|
RKS/RAPBS
terpakai sesuai dengan pos anggaran
|
X
|
|||
2.
Mengembangkan KTSP
|
1. Menyusun KTSP (Dokumen. 1)
|
Kepsek, Guru,
dan Komite
|
KTSP tersusun
sesuai dengan juklak dan juknis BSNP
|
X
|
|||
3. Menyusun
Silabus dan RPP
|
1. Pembuatan Silabus dan RPP (Dokumen. 2)
|
Kepsek dan
Guru
|
Silabus dan
RPP tersusun sesuai dengan juklak dan juknis BSNP
|
X
|
|||
4. Melaksanakan
program/Kegiatan “Sekolah Sehat”
|
a) Cuci Tangan
Masal
b) Gosok Gigi
Masal
c) Potong Kuku
Masal
d) Operasi Semut
Masal
e) Gerakan Tanam
1000 pohon
f) Gotong Royong
|
Warga sekolah
|
Membiasakan
Siswa :
a) Cuci Tangan
Sesuai Dengan Petunjuk
b) Menggosok
Gigi Sesuai Dengan Petunjuk
c) Potong
Kuku Sesuai Dengan Petunjuk
d) Membuang
sampah pada tempatnya
e) Mencintai
tanaman dan merawat Tanaman Dengan Setulus Hati
f) Bekerja
Bergotong Royong.
|
X
|
X
|
X
|
|
5. Melakukan
sosialisasi penerapan PLH
|
a) Saat Upacara
bendera senin
b) Saat Sosialisasi
Ujian
c) Saat Hari
Pertama masuk sekolah
d) Saat Perjusa Pramuka
e) Saat Pesta Besar
Siaga
f) Saat Peslat
g) Saat Morning
Talk
|
Warga sekolah
|
Semua warga
sekolah mengerti tentang pengenerapan PLH
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
Mengupayakan efisiensi penggunaan air, listrik, ATK, plastik dan bahan
lainnya
|
Menyusun
aturan tentang efisiensi penggunaan
a) Air,
b) Listrik dan
AC,
c) Atk,
d) Plastik
|
Warga sekolah
|
Semua warga
sekolah terbiasa hidup secara efektif dan efisiensi
|
||||
7.
Menegakkan peraturan /tata tertib terciptanya lingkungan yang bersih dan
sehat
|
1. Menyusun juklak dan juknis/tata
tertib terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat
|
Warga sekolah
|
Semua warga
sekolah mengerti tentang tata tertib terciptanya lingkungan yang bersih dan
sehat
|
||||
8.
Mengalokasikan anggaran untuk pengembangan PLH
|
Menyusun Rancangan Anggaran pengembangan PLH
|
Kepsek, Guru,
dan Komite
|
Menggunakan
alokasi dana sesuai dengan Rancangan Anggaran.
|
||||
B. Pengembangan Kurikulum Berbasis
Lingkungan Hidup
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1.
Melaksanakan PBM PLH yang berbasis pada tema lingkungan
|
Pelaksanaan
PBM secara terintegrasi pada Matpel IPA dan IPS
|
Kepsek, Guru,
dan Siswa
|
PBM secara
terintegrasi pada Matpel IPA dan IPS dapat dilaksanakan
|
||||
2.
Mengupayakan penambahan materi isu lokal.
|
1. Melaksanaan PBM Matpel IPA pada materi isu lokal
|
Kepsek, Guru,
dan Siswa
|
PBM PLH secara
monolitik dapat dilaksanakan
|
||||
3.
Mengupayakan penambahan materi isu global.
|
1. Melaksanaan PBM Matpel IPA pada materi isu global
|
Kepsek, Guru,
dan Siswa
|
PBM PLH secara
monolitik dapat dilaksanakan
|
||||
4.
Mengembangkan metode pembelajaran PLH
|
Menentukan
metode pembelajaran PLH yang tepat dalam bentuk:
a. Kunjungan
Ilmiah (Kelas 1-4)
b. Outing Class
(Cibi)
|
Kepsek, Guru,
dan Siswa
|
Siswa dapat
mempelajari aspek-aspek lingkungan hidup melalui pengamatan dan investasi
langsung serta mengaitkan dengan konteks sosial dan ekonomi
|
||||
5.
Memanfaatkan sumber belajar lain tentang LH
|
Memanfaatkan
media yang ada di perpustakaan maupun lingkungan sekolah
|
Kepsek, Guru,
dan Siswa
|
Siswa dapat
mempelajari aspek-aspek lingkungan hidup melalui media yang ada di
perpustkaan maupun lingkungan sekolah
|
||||
6.
Ekstra kurikuler menghasilkan karya/aksi nyata dalam menghimplentasikan hasil
pembelajaran yang bertema LH
|
a. Menggambar
LH,
b. Membuat puisi
LH,
c. Membuat lagu
LH,
d. Membuat Tari
LH,
e. Membuat
topeng kertas,
f. Membuat
kerajinan kertas bekas,
|
Guru, dan
Siswa
|
Menghasilkan
suatu karya
|
||||
C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan
Berbasis Partisipatif
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1. Mendukung
pembiasaan berperilaku berbudaya lingkunan hidup melalui
ekrakurikuler/kokurikuler
|
a. Pramuka,
b. Dokcil,
c. Mading,
d. Pesantren Latihan,
e. Karya Wisata
& Outing,
f. Piket
Kebersihan,
g. Science Club,
h. Math Club,
i. English Club,
|
Siswa dan
guru
|
Siswa
terbiasa berperilaku berbudaya lingkunan hidup
|
||||
2. Melibatkan
masyarakat dalam kegiatan lingkungan hidup atas prakarsa sekolah
|
a. Komite
menyumbang tong sampah,
b. menanam pohon
langka,
c. pengelolaan
sampah
|
Warga sekolah
|
Tong sampah
sudah ada, Pohon langka telah tertanam, pengelolaan sampah sudah berjalan.
|
||||
3. Melibatkan
masyarakat dalam kegiatan lingkungan hidup atas prakarsa pihak lain
|
a. Dokcil di
RS. Siloam
|
Siswa
|
Siswa
memahami budaya lingkungan hidup.
|
||||
4. Menjalin
kemitraan dengan pihak luar (institusi terkait, pihak swasta/LSM)
|
a. Pembekalan
UKS oleh Dinkes,
b. Pembekalan
UKS oleh pemkot Tangerang Selatan (Camat dan Lurah)
|
Warga sekolah
|
Terselenggaranya
pelatihan Dokcil, dan sosialisasi dari Camat dan Lurah
|
||||
D. Pengembangan dan atau Pengelolaan
Sarana Pendukung Sekolah yang ramah Lingkungan.
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
1.
Memanfaatkan sarana pendukung sebagai media pembelajaran LH
|
a. Melaksanakan
kegiatan eksrakurikkuler dan intrakurikuler
b. Melaksanakan
Jumat Bersih
c. Melaksanakan Penanaman
Pohon
d. Penghijauan
e. Pengelolahan
Sampah
f. Kampanye LH
g. Seminar LH
|
Siswa dan
guru
|
Siswa dapat
memanfaatkan sarana pendukung media pembelajaran LH melalui kegiatan yang
sudah terprogram
|
||||
2. Mengelola sarana
dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan
|
a. Pengaturan
Cahaya Kelas,
b. Pengaturan
Ventilasi Udara Alami,
c. Pengaturan
Penerangan,
d. Pengaturan
Penempatan Wastafel,
e. Pengaturan
Biopori,
f. Pengaturan
Pohon Peneduh
g. Pengelolaan
Komposter
|
Warga Sekolah
|
Tercipta kelas
dan sekolah yang berbudaya lingkungan bersih dan sehat dengan tata
pengelolaan sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan.
|
||||
3. Mengelola
fasilitas sanitasi untuk menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan
sekolah
|
a. Membuat
mekanisme pengaturan sanitasi sekolah,
b. Pemeliharaan
dan pembersihan drainase,
c. Gotong royong
d. pembersihan
sekitar kelas oleh siswa dan guru,
e. Pengadaan,
pemeliharaan, dan perbaikan sanitasi dan drainase
|
Warga Sekolah
|
Tersusun
mekanisme pengaturan sanitasi sekolah,
Pemeliharaan
dan pembersihan drainase,
|
||||
4. Efisiensi
penggunaan penghematan air, listrik, ATK, plastik dan bahan lainnya.
|
Kampanye
hemat
a. listrik,
b. air,
c. ATK,
d. bahan
plastik, dan
e. bahan
lainnya.
|
Warga sekolah
|
Adanya
penurunanpenggunan listrik, air, ATK, bahan plastik, dan bahan lainnya.
|
||||
5. Mengelola
kantin yang sehat dan bersih
|
a. Penempatan
Lokasi Kantin (Tidak Dekat WC/TPS).
b. Pemeriksaan
Berkala Kualitas Sarpras oleh pihak lain.
c. Pemeriksaan
Bahan Baku Pewarna oleh Dinas Kesehatan
d. Pemeriksaan
Bahan Baku Bahan Pengawet oleh Dinas Kesehatan
e. Penggunaan
Kemasan Ramah Lingkungan oleh Dinas Kesehatan
f. Pemberian
Pemahaman Kepada Penjual
g. Penyediaan
Tempat Sampah Terpisah
h. Penyediaan
Tempat Pencucian
i. Pengawasan
Makanan Kantin
j. Himbauan
Makanan Sehat
|
Warga sekolah
|
Terjamin,
mutu makanan yang dijual, Penempatan Lokasi kantin yang sesuai prosedur,
serta pemeriksaan berkala kualitas makanan.
|
||||
6.
Pengelolaan sampah untuk menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan.
|
Penyediaan
tempat sampah di:
a. kelas,
b. kantor,
c. kantin,
d. perpustakaan,
e. laboratorium,
f. TPA
sementara.
|
Warga sekolah
|
Tempat sampah
digunakan sesuai dengan peruntukannya.
|
||||
Tangsel, 19 Juli 2018
Koordinator Tim Adiwiyata, Sekretaris,
Amat Yani S.Pd Fitriyanti , S.Kom
DISKRIPSI TUGAS TIM
ADIWIYATA
SD ISLAM AL-AZHAR BUMI
SERPONG DAMAI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
NO
|
JABATAN
|
DESKRIPSI
TUGAS
|
1
|
Penanggung
Jawab
|
- Bertanggung
jawab terhadap seluruh pelaksanaan Adiwiyata
|
2
|
Ketua
|
- Menyusun konsep sukses Adiwiyata
- Motivator dan fasilitator
pelaksanaan Adiwiyata
- Mengkoordinir dan mengkondisikan
pelaksanaan Adiwiyata
|
3
|
Wakil Ketua
|
- Membuat SK yang berkaitan dengan
kebijakan Kepala Sekolah.
- Koordinasi dengan semua masyarakat
sekolah dalam rangka pengumpulan data adiwiyata.
- Mendokumentasikan seluruh
pelaksanaan adiwiyata di lapangan sesuai dengan pos yang di tugaskan
- Melengkapi data-data atau bukti
fisik sesuai dengan kuisioner yang ada.
|
4
|
Sekretaris
|
- Koordinator penyusunan portopolio
Adiwiyata
- Mendokumenkan pelaksanaan
Adiwiyata dilapangan
|
5
|
Bendahara
|
- Bersama ketua merumuskan anggaran
Adiwiyata
- Menyusun laporan anggaran
Adiwiyata
|
SEKSI-SEKSI
|
||
6
|
Pokja
penghijauan, penataan taman, dan perawatan tanaman
|
- Mengkapling taman sekolah serta
membagi tugas tanggung jawab taman sekolah bagi anggota pokja
- Memunculkan kegiatan yang
mendukung penghijauan dan penataan taman dan ikon Adiwiyata.
- Prioritas kerja :
Pembenahan taman depan Lab.
Biologi
Penataan taman boga dan kebun
sekolah
Penataan taman depan perpustakaan
dan mushola
Pengadaan pot-pot di belakang
kelas.
Pengadaan pot-pot di dalam kelas
Mendata jenis tanaman yang ada
dalam taman.
Mengadakan pembelajaran pembibitan
Mengadakan Green House bersama
pokja sarana
Mengawasi keadaan taman yang di
pelihara kelas masing-masing.
|
7
|
Tanaman Obat
Keluarga (TOGA)
|
- Pengadaan TOGA
- Membentuk Tim TOGA
- Menyusun data TOGA dan manfaatnya
- Membuat/mengolah/memasarkan hasil TOGA
|
8
|
Penghijauan
dan Keanekaragaman Hayati flora dan Fauna
|
- Mendata jenis tanaman dari:
Kebun sekolah
Hutan sekolah
Taman sekolah
TOGA yang ada
- Memberi label (tulisan) pada
tanaman yang ada sekaligus memberi nama ilmiah.
- Pengadaan Green
house
- Pengadaan fauna
|
9
|
Pokja sarana
prasarana
|
- Koordinasi dengan semua pokja
dalam rangka pengadaan sarana dan prasarana Adiwiyata
- Koordinasi dengan wali kelas,
siswa, dan petugas tata laksana dalam rangka perawatan saluran air
- Pembenahan saluran air dan
pemanfaatan air limbah
- Mengkampling tanggung jawab
pengawasan selokan bagi anggota pokja
- Prioritas kerja :
Melaksanakan pengecatan pohon
palem di sekolah
Melaksanakan pengecatan sarana
taman sekolah yang sudah pudar
|
10
|
Pokja pengolahan
sampah dan pengelolaan hasil sampah
|
1. Komposting.
- Membentuk tim dari siswa sebagai
petugas composting
- Melaksanakan composting
- Memasukkan/menyalurkan/
melaksanakan pemupukan pada taman-taman, kebun sekolah, hutan sekolah dan
TOGA.
- Pengemasan pupuk/pengepakkan
pupuk.
2. Daur ulang Plastik
- Membentuk tim dari siswa sebagai
petugas pemanfaatan limbah plkastik
- Membina siswa untuk
mengolah/membuat limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat
- Mengadakan/ ikut lomba pada
kegiatan-kegiatan hari jadi lingkungan hidup
- Mendata/ menyimpan/memasukkan
hasil dari karya (pekerjaan tangan) siswa tersebut.
3. Daur ulang kertas
- Membentuk tim dari siswa sebagai
petugas pemanfaatan limbah kertas.
- Membina siswa untuk
mengolah/membuat limbah kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat.
- Mengadakan lomba atau ikut pada
kegiatan-kegiatan hari besar atau hari jadi lingkungan hidup.
- Mendata/ menyimpan/memasarkan
hasil karya siswa.
|
11
|
Pokja Polisi
lingkungan
|
- Sosialisasi Adiwiyata kepada siswa
- Mengkondisikan situasi hijau,
bersih, tertib, santun, aman, dan nyaman
- Merumuskan sanksi pelanggaran
Adiwiyata dan menindak pelanggaran yang bersifat mendidik
- Memunculkan kegiatan yang dapat
memotivasi kepedulian siswa terhadap Adiwiyata
- Mengupayakan tumbuhnya budaya
positif yang menjadi karakter ciri khas SMP Negeri 1 Gampengrejo
- Prioritas kerja :
Membentuk kader lingkungan dan
polisi lingkungan serta membagi pos kegiatan yang menjadi tanggung jawab
kader
Menyusun tata tertib Adiwiyata
Menyusun motto Adiwiyata
Melaksanakan budaya 5 S ( senyum,
sapa, salam, santun dan shodaqoh)
Melaksanakan program bersalaman
dengan guru sebelum pembelajaran yang sudah menjadi ciri sekolah
Melaksanakan program “bersih
serentak “ 10 menit sebelum muali pembelajaran dan 10 menit setelah pulang
sekolah
Koordinasi dengan guru olahraga
untuk melaksanakan program “10 menit berburu sampah sebelum mulai olahraga”
|
12
|
Pokja
kebersihan
|
- Melaksanakan dan memantau kegiatan
Jum’at Bersih
- Bersama guru olahraga melaksanakan
kegiatan Jum’at sehat
- Membuat proposal pengadaan
tempat duduk di kamar mandi siswa.
- Memantau tempat sampah siswa,
apakah sampah sudah dipilah.
- Memantau lingkungan kelas dan
halaman secara periodik.
- Pengadaan piket oleh siswa di
toilet.
- Koordinasi dengan wali kelas,
kader lingkungan, dan petugas tata laksana untuk mewujudkan kondisi bersih
dan sehat
|
13
|
Pokja
Kesehatan Lingkungan
|
- Membentuk tim pokja kesehatan
- Menyiapkan sarana-prasarana
kesehatan yang cukup
- Bekerja sama dengan Puskesmas
memberi penyuluhan pada masyarakat sekolah tentang cara hidup bersih dan
sehat
- Mendata keluhan/sakit yang dialami
siswa
- Memberikan solusi/cara terbaik
untuk melakukan tindakan selanjutnya jika terjadi sakit.
- Memunculkan kegiatan yang dapat
mendukung kebersihan dan kesehatan masyarakat sekolah (menggerakkan UKS)
- Prioritas kerja :
Melaksanakan Program UKS
Menyusun data-data UKS
|
14
|
Pokja Uji
Kelayakan dan Pengawasan Makanan (Kantin Sehat)
|
- Bekerja sama dengan dinas
kesehatan member penyuluhan kepada petugas kantin mengenai jajanan yang
memenuhi syarat-syarat kesehatan
- Pengawasan terhadap menu mamin di
kantin
- Pembinaan terhadap kebersihan
kantin dan melengkapi administrasi data pembinaan
- Memunculkan produk unggulan dari pengelolaan
kopsis
- Memberi penyuluhan pada siswa agar
tidak mengkonsumsi jajan yang mengandung pengawet, pemanis, pewarna buatan.
|
15
|
Pokja
penangkaran hewan (flora fauna)
|
- Mengusahakan penangkaran hewan
sebagai media pembelajaran LH
- Mengupayakan perwatannya bersama
kader LH dan petugas tata laksana
- Kerjasama dengan pokja
sarana mewujudkan program perikanan dengan pemanfaatan air limbah westafel
kelas
|
16
|
Wali kelas
|
- Menggerakkan kelas untuk peduli
Adiwiyata
- Memunculkan kegiatan kelas yang mendukung
Adiwiyata
- Mendampingi Jum’at bersih dan
Jum’at sehat secara rutin
- Melengkapi data kelas
- Prioritas kerja :
Menyusun daftar piket kelas
Menyusun daftar 7 K
Membuat visi sekolah dan ditempel
didinding kelas
Membuat madding tema UKS dan Adiwiyata
Menertibkan piket kelas
Membuat jadwal merawat bunga pot
dan bunga gantung
Mengkonsep dan membenahi taman
depan kelas
Mengupayakan situasi bersih setiap
saat
Mengkondisikan kegiatan kebersihan
kebun belakang kelas
Memprogramkan pengecatan pot depan
kelas
Membangun kebersamaan kelas untuk
sukses Adiwiyata
|
17
|
Guru mata
pelajaran
|
- Membuat RPP terintegrasi PLH (pada
mata pelajaran yang ditunjuk)
|
18
|
Guru PLH
|
- Membuat RPP PLH
- Mengkondisikan pembelajaran
praktik dan teori
- Mengembangkan model pembelajaran
PLH
- Mengembangkan materi PLH
|
19
|
Pembantu Umum
|
- Melaksanakan kebersihan dan
perawatan tanaman sesuai kapling masing-masing
- Mengusahakan situasi bersih dan
hijau setiap saat
- Koordinasi dengan semua pokja
untuk membantu sukses Adiwiyata
|
20
|
Pengelola
kantin
|
- Menciptakan lingkungan bersih
disekitar kantin
- Menyediakan menu
sehat dan bersih sesuai peraturan yang ditetapkan sekolah
- Melengkapi kantin dengan imbauan
dan daftar menu yang dijual
- Prioritas kerja :
Melaksanakan kebersihan bersama
siswa pada saat Jum’at bersih
Setiap pagi sebelum buka kantin
supaya membersihkan halaman dan lingkungan kantin
Setiap pulang sekolah
membersihkan halaman kantin dan lingkungan kantin
Setiap pulang wajib membuang sampah
ke TPA
|
21
|
Satpam/penjaga
malam
|
- Mengkondisikan situasi tertib dan
aman
- Menjaga dan mengamankan asset
sekolah
|
22
|
Pokja
dokumentasi
|
- Mendokumentasikan seluruh kagiatan
Adiwiyata
- Koordinasi dengan seluruh pokja
dan unsur sekolah untuk memfasilitasi dokumentasi
- Melengkapi portopolio dengan
dokumen foto
|
23
|
Pokja
Posterisasi
|
- Membentuk tim posterisasi dari
siswa
- Mengadaklan lomba poster tingkat
sekolah yang berkaitan dengan lingkungan.
- Membuat dan memasang poster
tentang lingkungan di sekolah
- Mengikuti lomba poster di luar
sekolah
- Mendata siswa yang mengikuti lomba
poster
- Mengarsipkan semua kegiatan
posterisasi
|
24
|
Pokja
Pembinaan Mental
|
- Membentuk tim Pembinaan mental
- TIM bekerja sama dengan Pembina
mengadakan pembinaan mental secara berkala pada masyarakat sekolah tentang
pentingnya sekolah adiwiyata.
|
CATATAN
: Diprogramkan rapat koordinator Pokja dan Tim Portopolio dalam
rangka Menyatakan langkah sukses adiwiyata.
elasa, 26 Maret 2013
A. SURAH AR-RUM AYAT 41-42
Surah Ar Rum
terdiri atas 60 Ayat, termasuk kedalam golongan surah-surah makkiyah, sebab
mayoritas diturunkan dikota Mekkah sesudah surah Al-Insyiqaq. Dinamakan
Ar-Rum karena pada permulaan Surah ini, yakni ayat 2,3 dan 4 membicarakan
tentang bangsa romawi yang pada mulanya dikalahkan oleh bangsa Persia, namun
setelah beberapa tahun kemudian bangsa romawi kembali dapat menuntut balas
kekalahannya dengan mengalahkan bangsa Persia.
Kisah Bangsa
Romawi dan bangsa Persia tersebut dibicarakan dalam Al-Qur'an, untuk dijadikan
pelajaran berharga dan sekaligus informasi yang benar dari Allah SWT. Untuk
kaum muslimin pada waktu itu, bahwa kelak dapat di buktikan ketika peramg badar
terjadi, dimana kemenangan berpihak kepada kaum muslimin.
1.
Membaca Surah Ar-Rum ayat 41-42
2.
Terjemahan
"Telah
tampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan karena perbuatan tangan
manusia , Allah mengkhendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat)
perbuatan mereka , agar mereka kembali (kejalan yang benar). Katakanlah
(Muhammad):"berpergian lah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan
orang-orang dahulu. Kebanyakan dari itu adalah orang-orang yang mempersekutukan
(Allah) ."(Q.S. Ar-Rum:41-42)
3. Kandungan Ayat
Allah menjelaskan dalam ayat ini, bahwa kerusakan yang terjadi di dunia ini, baik yang ada didarat maupun yang ada dilaut, penyebabnya daalah karena perbuatan manusia. Misalnya bencana banjir yang sering merenggut banyak nyawa manusia dan berbagai kerusakan harta, disebabkan oleh karena keserakahan sebagian manusia yang menebangi hutan tanpa mengindahkan keseimbangan ekosistem yang ada. Hutan berfungsi sebagai penahan air tanah , jika hutan gundul, maka air yang ada ditanah tidak dapat ditahan lagi , sehingga terjadilah banjir.
Bencana demi bencana yang terjadi merupakan peringatan dari Allah atas keserakahan manusia yang mengeksploitasi alam tanpa menjaga ekosistem yang ada. Hal ini dimaksudkan oleh Allah SWT, agar mereka menyadari kesalahannya dan segera kembali kejalan yang benar. Oleh karena itu, hendaknya kita mengambil pelajaran dari umat-umat nabi dan rasul terdahulu yang dihancurkan oleh Allah SWT karena mereka ingkar kepada-Nya, dan selalu berbuat kerusakan diatas bumi ini. Manusia diberi kebebasan oleh Allah SWT untuk memanfaatkan apa yang ada di bumi ini, asal dengan tetap menjaga kelestarian alam.
4. Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
a. Indentifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
1. Perilaku tidak merusak lingkungan
2. Perilaku menyadari akibat rusaknya lingkungan
3. Perilaku mengambil pelajaran dari kaum terdahulu yang musnah akibat merusak lingkungan hidupnya sendiri
b. Menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
1. Bersikap kasih sayang terhadap semua makhluk Allah, termasuk binatang dan tumbuh-tumbuhan
2. Tidak membuang sampah sembarangan
3. Tidak membunuh binatang sembarangan
c. Mempraktikkan perilakuku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
Penghayatan terhadap ayat ini hendaknya membentuk pribadi seorang muslim menjadi seorang yang menyadari pentingnya melestarikan alam lingkungan, dan tidak pernah berbuat kerusakan di muka bumi. Apabila ingin melakukan sesuatu. misalnya ingin mendirikan bangunan, maka ia akan mempertimbangkan dengan matang, apakah bangunan yang akan didirikan mengganggu lingkungan atau tidak ? jika tidak, maka rencana membangun diteruskan, ;namun jika akan mengganggu lingkungan dan kelestarian alam, maka niat membangun diurungkan dan dicarikan solusi terbaik bagi semuanya.
Untuk dapat mempraktikkan perilaku melestarikan lingkungan hidup, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Tanamkan keimanan yang kuat didalam hati, agar tidak mudah terbawa perbuatan setan yang senantiasa ingin berbuat kerusakan.
2. Tanamkan keyakinan bahwa manusia hidup sangat membutuhkan alam lingkungan, baik flora maupun fauna. Kehadiran dan kelestarian mereka sangat menentukan keselamatan dan kelangsungan hidup manusia.
3. Tanamkan Keyakinan bahwa merusak alam lingkungan, sama dengan menggali penderitaan untuk diri sendiri dan kehidupan manusia pada umumnya. Sebaliknya bersikap perilaku melestarikan lingkungan, sama dengan menambah kekuatan hidup bagi segenap manusia.
4. Tanamkan keyakinan bahwa munculnya kerusakan alam lingkungan, semata-mata karena adanya tangan-tangan jahil manusia.
5. Mulailah bersikap perilaku melestarikan lingkungan hidup sejak sekarang, mulai dari lingkungan rumah, sekolah dan semua lingkungan yang kita lalui.
6. Selamat mencoba !
B. SURAH AL A'RAF AYAT 56-58
3. Kandungan Ayat
Allah menjelaskan dalam ayat ini, bahwa kerusakan yang terjadi di dunia ini, baik yang ada didarat maupun yang ada dilaut, penyebabnya daalah karena perbuatan manusia. Misalnya bencana banjir yang sering merenggut banyak nyawa manusia dan berbagai kerusakan harta, disebabkan oleh karena keserakahan sebagian manusia yang menebangi hutan tanpa mengindahkan keseimbangan ekosistem yang ada. Hutan berfungsi sebagai penahan air tanah , jika hutan gundul, maka air yang ada ditanah tidak dapat ditahan lagi , sehingga terjadilah banjir.
Bencana demi bencana yang terjadi merupakan peringatan dari Allah atas keserakahan manusia yang mengeksploitasi alam tanpa menjaga ekosistem yang ada. Hal ini dimaksudkan oleh Allah SWT, agar mereka menyadari kesalahannya dan segera kembali kejalan yang benar. Oleh karena itu, hendaknya kita mengambil pelajaran dari umat-umat nabi dan rasul terdahulu yang dihancurkan oleh Allah SWT karena mereka ingkar kepada-Nya, dan selalu berbuat kerusakan diatas bumi ini. Manusia diberi kebebasan oleh Allah SWT untuk memanfaatkan apa yang ada di bumi ini, asal dengan tetap menjaga kelestarian alam.
4. Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
a. Indentifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
1. Perilaku tidak merusak lingkungan
2. Perilaku menyadari akibat rusaknya lingkungan
3. Perilaku mengambil pelajaran dari kaum terdahulu yang musnah akibat merusak lingkungan hidupnya sendiri
b. Menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
1. Bersikap kasih sayang terhadap semua makhluk Allah, termasuk binatang dan tumbuh-tumbuhan
2. Tidak membuang sampah sembarangan
3. Tidak membunuh binatang sembarangan
c. Mempraktikkan perilakuku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
Penghayatan terhadap ayat ini hendaknya membentuk pribadi seorang muslim menjadi seorang yang menyadari pentingnya melestarikan alam lingkungan, dan tidak pernah berbuat kerusakan di muka bumi. Apabila ingin melakukan sesuatu. misalnya ingin mendirikan bangunan, maka ia akan mempertimbangkan dengan matang, apakah bangunan yang akan didirikan mengganggu lingkungan atau tidak ? jika tidak, maka rencana membangun diteruskan, ;namun jika akan mengganggu lingkungan dan kelestarian alam, maka niat membangun diurungkan dan dicarikan solusi terbaik bagi semuanya.
Untuk dapat mempraktikkan perilaku melestarikan lingkungan hidup, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Tanamkan keimanan yang kuat didalam hati, agar tidak mudah terbawa perbuatan setan yang senantiasa ingin berbuat kerusakan.
2. Tanamkan keyakinan bahwa manusia hidup sangat membutuhkan alam lingkungan, baik flora maupun fauna. Kehadiran dan kelestarian mereka sangat menentukan keselamatan dan kelangsungan hidup manusia.
3. Tanamkan Keyakinan bahwa merusak alam lingkungan, sama dengan menggali penderitaan untuk diri sendiri dan kehidupan manusia pada umumnya. Sebaliknya bersikap perilaku melestarikan lingkungan, sama dengan menambah kekuatan hidup bagi segenap manusia.
4. Tanamkan keyakinan bahwa munculnya kerusakan alam lingkungan, semata-mata karena adanya tangan-tangan jahil manusia.
5. Mulailah bersikap perilaku melestarikan lingkungan hidup sejak sekarang, mulai dari lingkungan rumah, sekolah dan semua lingkungan yang kita lalui.
6. Selamat mencoba !
B. SURAH AL A'RAF AYAT 56-58
Surah
al-a'raf terdiri atas 206 ayat,termasuk golongan surah-surah makiyah,diturunkan
sebelum surah al-an''am,dan termasuk kedalam golongan tujuh surah yang panjang
atau ''as-sab'uthiwal".nama surah ini di ambil dari salah satu kata
''al-a'raf'yang terdapat dalam ayat 46 yang mengemukakan tentang keadaan
orang-orang yang berada di atas al-a'raf,yaitu tempat yang tinggi di perbatasan
surga dan neraka.
1.
Membaca Surah Al A'raf 56-58
2.
Terjemahan
''Dan
janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi,setelah di ciptakan dengan
baik.berdoalah kepada-Nya denga rasa takut dan penuh harap.Sesungguhnya rahmat
allah sanggat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan dialah
yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan
rahmat-Nya (hujan); sehingga apabila angin itu telah membawa angin mendung,
kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu,
kemudian kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti
itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudah kamu
mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanaman-tanaman tumbuh subur dengan
izin Allah Swt; dan tanah yang buruk, tanaman-tanamannya hanya merana.
Demikianlah kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kebesaran (Kami)) bagi
orang-orang yang bersyukur." (Q.S. Al A'raf
: 56-58)
3. Kandungan Ayat
Allah menjelaskan dalam ayat ini tentang larangan berbuat kerusakan dimuka bumi. kerusakan tersebut dapat terjadi didarat, dilaut, bahkan diudara.
Kerusakan terjadi pada umumnya karena keserakahan manusia-manusia egois yang hanya mementingkan diri sendiri, dan tidak mengindahkan kepentingan orang banyak. akibat yang ditimbulkan, dapat menimbulkan bencana yang merugikan banyak manusia.
Dalam Ayat selanjutnya Allah mengajarkan kepada manusia untuk berdo'a kepada-Nya dengan penuh rasa takut (
C. Surah Sad Ayat 27

